Pengetahuan Untuk Perawatan Ibu Hamil

Written By Unknown on Selasa, 19 Juni 2012 | 22.10

Pengetahuan Untuk Perawatan Ibu Hamil  Dari data yang dimiliki Departemen Kesehatan Republik Indonesia, diketahui bahwa angka kematian ibu dan anak di Indonesia masih menjadi salah satu yang tertinggi di Asia. Pada tahun 2002, angka kematian ibu saat melahirkan mencapai 307 per 100.000 kelahiran hidup. Angka ini 65 kali lebih tinggi dibandingkan Singapura, 9,5 kali lebih tinggi dibandingkan Malaysia, dan 2,5 kali lebih tinggi dibanding Filipina. Untuk mengatasi hal tersebut, dibutuhkan upaya untuk membantu para ibu memerhatikan masa kehamilannya.

Salah seorang yang menyadari pentingnya berbagi pengetahuan cara merawat ibu hamil adalah Bidan Siti Muntianah, pemenang Srikandi Award 2010 yang diselenggarakan oleh Sari Husada dan Ikatan Bidan Indonesia. Di daerah tempatnya tinggal, Bidan Siti Muntianah melihat banyak ibu hamil yang tidak memberikan perhatian yang cukup pada masa kehamilannya. Disayangkan pula, para ibu hamil tersebut juga tidak pernah berkomunikasi dengan tenaga kesehatan yang ada di daerahnya.

Salah satu alasan terutama mengapa para ibu hamil ini tidak memeriksakan kehamilannya adalah karena takut dimintai bayaran. Selain itu, para ibu ini juga merasa malu untuk bertemu dengan para tenaga kesehatan karena berbagai faktor.

Keresahan Bidan Siti Muntianah terhadap ketidakpedulian para ibu hamil dengan alasan ekonomi dan malu ini mendorongnya membuat program untuk mengatasi hal ini. Menurutnya, kesehatan ibu hamil sangat penting untuk mengurangi risiko pada ibu dan bayi saat proses kelahiran.

Program-program yang dilakukan oleh Bidan Siti Muntianah antara lain adalah penyuluhan kesehatan kehamilan, senam untuk ibu hamil, pemberian makanan tambahan ibu hamil dan vitamin, serta melakukan penimbangan secara berkala untuk memantau berat bayi yang sedang dikandung. Bidan juga melakukan penyuluhan pentingnya ASI eksklusif bayi nantinya.

Lewat program yang ia susun, Bidan Siti Muntianah berhasil mengajak para ibu hamil di Batu, Jawa Timur, untuk lebih peduli terhadap kesehatan pada masa kehamilan. Peran Bidan Siti Muntianah ini juga telah berhasil menurunkan angka kematian ibu hamil yang sesuai dengan target Millenium Development Goals 5 (menurunkan angka kematian ibu) Pengetahuan Untuk Perawatan Ibu Hamil.

Anda sedang membaca artikel tentang

Pengetahuan Untuk Perawatan Ibu Hamil

Dengan url

http://hamilkesehat.blogspot.com/2012/06/pengetahuan-untuk-perawatan-ibu-hamil.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Pengetahuan Untuk Perawatan Ibu Hamil

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Pengetahuan Untuk Perawatan Ibu Hamil

sebagai sumbernya

1 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger